Pages

Kamis, 19 Mei 2011

Tujuh Museum Unik Buat Anak-Anak

Museum Bank Indonesia

Museum bank indonesia menempati gedung peninggalan De Javasche Bank yang di bangun pada 1828. Peran BI sejak sebelum invasi barat di nusantara hingga perkembangannya di abad ke-21 di rangkum dan dikemas menarik dalam ruangan berpendingin yang dilengkapi peralatan modern, seperti TV plasma, diorama dan layar sentuh. di ruang peralihan sebuah proyektor khusus menampilkan gambar keping uang logam yang seakan-akan melayang di udara. Saat keping-keping digital iu digenggam informasi tentang mereka secara otomatis tersaji. Museum ini terletak di JL. Pintu besar utara No.3 jakarta utara. www. (bi.go.id)

Museum Sangiran

Di museum ini anak-anak anda bisa menyaksikan wajah nenek moyang kita. Museum purbakala sangiran menampung sedikitnya 3000 fosil purba dari sekitar 13 ribu yang ditemukan di sangiran, kawasan yang telah masuk daftar situs warisan dunia versi UNESCO. museum ini terletak di kota sragen jawa tengah sekitar 17 kilometer dari solo.

Museum Polri

Diresmikan dua tahun silam. Museum polri bertujuan mendokementasikan sejarah polri merekam sepak terjangnya sekaligus mengajak masyarakat mengenal intitusi ini lebih dekat museum ini menampilkan ratusan foto serta berbagai benda sejarah milik polri yang dikemas rapi dan dilengkapi diorama. museum ini terletak di JL. Trunojoyo No.3 Kebayoran baru jakarta telp. 021 7210654

Museum Kereta Api Ambarawa

Pensiun beroprasi pada 1970-an Stasiun Ambarawa kemudian beralih fungsi menjadi museum pada 6 okteber 1976 koleksinya mencapai 21 lokomotif kuno yang sebagian di parkir halaman, ditambah telepon dan bel kuno. Objek andalannya adalah kerata api uap bergerigi buatan jerman yang kini cuma tersisa 3 unit di dunia.

Museum Anak Kolong Tangga

Berada di lantai dasar Taman Budaya Yogyakarta. Museum anak kolong tangga mengajak anak-anak berkenalan dngan ratusan permainan tradisional dari pelosok indonesia seperti angklung,bakiak,layangan, hingga kayu pahat dari zaman kerajaan.Museum anak kolong tangga didirikan thn 2005 oleh rudi correns, seniman belgia yang telah menjelajahi indonesia selama 15 tahun guna mengumpulkan buku dan mainan-mainan tradisonal.

Museum Rekor Dunia Indonesia

Museum rekor dunia indonesia (MURI) mendokumentasikan berbagai pencapaian fenomenal yang dibukukan orang-orang indonesia. Sejak dimulai di 1990 setidaknya 150 rekor telah tercipta, diantaranya parade sinterklas terpanjang, penyalaan kembang api terlama, dan bedug terpanjang, sebagian bukan cuma bergelar rekor nasional tapi juga internasional. Museum ini terletak di jl. perintis kemerdekaan No.275 Semarang.

Museum Iptek

Berlokasi di TMII, pusat peragaan ilmu pengetahuan dan teknologi ini memajang aneka wahana yang berbasis teknologi dan ilmu fisika , pengunjung bisa mempelajari konsep dan prinsip dasar sains, termasuk beragam aplikasi di kehidupan. Museum Iptek mengoleksi 250 unit alat peraga interaktif yang terbagi ke dalam 12 wahana.

Gambar dari (google)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

About

Translete